Hati-hati penipuan loker via Email !

Teknologi digital memang mempermudah dan memberikan efek manfaat efisiensi biaya untuk membantu kebutuhan manusia, seperti E-mail contohnya. yang berguna sebagai pengganti Surat pos yang menggunakan metode manual.

Tetapi di balik kemudahan tersebut, kadang di manfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan kerugian orang lain. Seperti penipuan Panggilan lamaran kerja via email dengan syarat mentransfer sejumlah dana atau biaya tertentu. 

Maka dari itu kita harus lebih berhati-hati dalam menyebarkan alamat email kita di dunia maya, Perlu diperhatikan, untuk perusahaan besar biasanya tidak menggunakan alamat email domain gratisan seperti gmail.com, yahoo.com dan lain sebagainya. Penipuan ini biasanya mengatas namakan perusahaan besar agar calon korban lebih tertarik dengan loker fiktif yang disebarkannya.

Untuk itu anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini agar tidak menjadi korban penipuan loker melalui dunia maya :

1. Jaga baik-baik alamat email utama anda, Jangan di sebar luaskan ke Dunia maya jika anda tidak yakin media tersebut dapat di percaya.

2. Jika mendapatkan informasi lowongan kerja di perusahaan besar, Perhatikan alamat email yang tersedia apakah menggunakan domain resmi atau domain gratisan.

3. Cari sebanyak-banyaknya terlebih dahulu mengenai informasi loker yang tersebar di dunia maya ketika anda hendak memasukkan lamaran secara elektronik (via E-mail), Jika anda ragu dengan alamat email yang tersedia atau yang tercantum pada postingan loker tersebut, silahkan cari tahu terlebih dahulu dengan cara mengcopy alamat email tersebut, kemudian pastekan di Google.com. Siapa tahu anda mendapatkan keterangan mengenai alamat email tersebut apakah termasuk email fiktif dan ada indikasi penipuan atau memang email tersebut merupakan email asli.

4. Untuk perusahaan besar. usahakan mengunjungi web resminya untuk mendapatkan kepastian mengenai informasi lowongan kerja.

5. Jangan pernah melakukan transfer dana berupa uang maupun pulsa dalam bentuk apapun ketika anda mendapatkan informasi panggilan kerja. karena seharusnya kita mencari kerja untuk mendapatkan uang bukan memberikan uang. Biasanya jika terdapat pesan untuk mentransfer sejumlah uang, kemungkinan ada indikasi penipuan.

Biasanya si pengirim email mengetahui detail data diri kita sehingga kita bisa yakin bahwa memang panggilan kerja tersebut asli (Ada indikasi kemungkinan si penipu sudah membuat loker palsu terlebih dahulu dan kita secara tidak sengaja (atau tidak tahu) pernah mengirimkan Surat lamaran kerja dengan segala persyaratan lengkap ke alamat email tersebut, sehingga si penipu sudah mendapatkan data diri kita).


Berikut kami lampirkan contoh email yang mengatas namakan salah satu maskapai penerbangan Garuda Indonesi melalui email.

NB : Contoh loker palsu ini di ambil dari website resmi Garuda indonesia. Untuk penipuan yang mengatas namakan perusahaan lain. kurang lebih konten yang di berikan sama dengan contoh pesan yang ada di bawah ini. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.











Load disqus comments

0 Komentar